RSS

Cokelat Hitam Cegah Stroke

image Para peneliti dari Universitas Johns Hopkins, percaya mereka sudah menemukan bahwa satu senyawa biokimia yang secara alami ditemukan dalam cokelat hitam, bisa membantu melindungi tubuh dari stroke.

Penelitian sebelumnya sudah menunjukkan bahwa flavanol yang dikenal sebagai epikatekin, melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskuler dan stroke.

Dalam penelitian saat ini, para peneliti menginduksi stroke pada tikus kecil dan kemudian memberi mereka dengan epikatekin untuk mengamati bagaimana unsur kimia bereaksi dalam tubuh mereka, seperti dikutip dari Natural News.

"Kami memberi epikatekin dosis berbeda pada tikus 90 menit sebelum stroke, dan menemukan bahwa itu mengurangi ukuran infark (kerusakan akibat stroke). Saat kami memberi epikatekin setelah stroke, itu memiliki efek pelindung hingga 3.5 jam kemudian, tetapi tidak setelah enam jam," kata pemimpi penelitian Sylvain Dore.

Para peneliti menemukan bahwa epikatekin mengaktifkan dua jalur kimiawi yang dikenal melindungi sel-sel otak dari kerusakan, yaitu Nrf2 dan "heme oxygenase." Epikatekin tidak memiliki efek pelindung pada tikus secara genetik dimodifikasi supaya memiliki sedikit Nrf2 dan "heme oxygenase."

Para peneliti menunjukkan bahwa epikatekin mungkin suatu hari nanti menjadi dasar untuk obat pelindung otak dari kerusakan pada mereka yang menderita stroke.

Durasi tiga jam dari manfaat perlindungan sangat menggembirakan, karena obat-obatan modern melindungi dalam waktu yang lebih singkat. Tetapi, Dore memperingatkan masih membutuhkan waktu selama bertahun-tahun sebelum perawatan seperti ini dikembangkan.

Sementara itu, para peneliti memperingatkan para konsumen supaya tidak mengonsumsi cokelat dengan rakus untuk melindungi jantung mereka. Kadar gula yang tinggi pada cokelat bisa menyebabkan masalah kesehatan lain.

"Cokelat memiliki banyak kalori. Saya membicarakan cokelat hitam dalam jumlah sedikit daripada cokelat pada umumnya," kata Martin Lajous, peneliti flavanol dan kandidat doktor dari Universitas Harvard.

Saya lebih memilih fokus pada kakao. Kakao tidak seperti cokelat, yang kaya lemak jenuh dan kalori. Kakao bisa menjadi bagian dari pola makan sehat, dikombinasikan dengan buah-buahan dan sayuran," kata Dore.


Sumber :
http://www.antaranews.com/berita/1286251994/cokelat-hitam-cegah-stroke

0 comments

Posted in

Post a Comment

adsense